Rabu, 16 Mei 2018

Ramadhan, Lebaran dan Pertanyaan Kapan Nikah?

Happy Ramadhan Everyone

Alhamdulillah aku dan kalian juga masih dikasih kesempatan buat ngerasain gregetnya bulan puasa. Klo kalian apa yg paling berkesan waktu awal puasa atau memasuki Ramadhan?


Klo aku nih hmm gmna ya kayak ramadhan itu sadar ato ga sadar jadi moment yg beda gitu.
Mungkin gampangnya nih ya di lingkungan sekitar aku (terutama) jadi rame, maksdnya rame kayak suasananya riang gitu.

Apalagi misal habis tarawih ada ngaji2 gitu sampe tengah malem, berasa bgt spesialnya. Klo hari biasa kan ya udah malem udah malem gitu aja.

Selain kesan riang ramainya itu, ada yg lain nih mgkin karena udah jadi spontan atau mindset atau apalah gitu, klo puasa harus banyakin ngomong baik2 atau ngelakuin hal baik jadi berasa orang2 lebih ngejaga.
Seenggaknya aku pribadi jadi gak terlalu sering buat dengerin orang ngumpat.

Terus jga kayaknya banyak yg buka semacam tempat buat orang2 bisa sedekah. Jadi gimana ya kayak makin berasa dan banyak aja orang2 yg berlomba2 dalam kebaikan. Mgkn itu kali ya yg bikin nuansa adem hehe. Selain krna tiap sore jajanan makin berlimpah dibanding hari biasanya.

Tapi sih ada satu hal yg aku atau mungkin kawan-kawan jga beberapa tahun terakhir berasa ramadhan plus lebaran itu jadi beda. Dlu pas jaman kecil kayaknya happy bgt gak ada beban gitu, tapi skrang ada suatu hal yg bikin agak cemas menghadapi ramadhan/lebaran.

Yups apalagi  soal ya bukan kaitannya soal
Pertanyaan paling wajib dari orang2 apalagi pas lagi kumpul Buber atau lebaran.
 "Kapan Nikah?"
Mgkn buat kamu yg masih kuliah nanyanya jadi kapan lulus kapan kerja dll. Intinya berbagai pertanyaan soal hidupmu.

Kan pasti jad mikir ya, duh entar aku jawab apa ya, duh males deh ditanyain ini itu duh.
Dan kekhawatiran lain yg kayaknya gak cuman aku deh yg bakal ditanya itu, kawan-kawan pasti iya kan? (Sok tauuuu)

Thats why, ramadhan aku jd kayak ada rasa "cemas / sedih" padahal dlu waktu kecil waktu jaman sekolah ramadhan lebaran itu happpppyyy banget gara2 kecemasan itu bikin happynya agak berkurang.


Tapi setelah aku pikir2 ni (agak lama jga mikirnya hohoho ) percuma juga sih aku mikir kayak gitu, wasting time bgt dan kayak yg rugi tuh aku sendiri.
Sebnrnya ngapain jga kita mikirin orang2 yg pada kepo soal kapan kita nikah, kapan lulus kapan kerja dan deretan pertanyaan lain yg bisa aku pastikan gak bakal berhenti ampe kakek nenek deh.


Lalu ngapain jga musingin hal yg ga guna kita pikirin(dalam hal ini omongan orang yak)

Kita udah dikasih kesempatan buat ngerasain ramadhan, macam kayak dikasih point gratisan kudunya harus manfaatin point' itu dgan baik dong buat kepentingan kita sendiri.

Aku sadar betul dosaku udah bejibun banyaknya tak terhingga dan ini nih waktunya untuk maksimal in minta ampun sama Allah, pun jga cari pahala berkah sebanyak2 nya mumpung pahalanya bakal dilipat gandain.

Kapan lagi ya gengs kita jadi orang baik dan berkahnya lebih banyak dibanding hari lain.
Lagian ya dibanding mikirin omongan orang, jadi stres sendiri mending kita banyakin doa, pada tau kan waktu ramadhan doa kita makin diijabah makin didenger.

Aku sih percaya, selama gak aneh2, gak ngelakuin hal jahat, memperbanyak hal baik, baik ke orang lain, toleransi, gak nyinyir , gak sombong Allah akan kasih jalan baik. Tinggal kita kudu kuat buat jalan di jembatan/jalanan yg Allah kasih buat nempuh arena yg ribet biar sampe di tujuan.

So , ini waktunya gengs buat jadi makin dekat sama Allah, makin baik sama orang lain minimal gak ganggu orang lain deh dan perbanyak amalan kita.

Jadi ramadhan gak ada lagi rasa cemas, dan bisa happy sampai idul Fitri tiba.

Anyway semoga puasanya lancar terus
😊😊😊

2 komentar:

  1. Ketika kita sudah beranjak dewasa secara tidak sadar bahan pembicaraan memang menjadi sempit oleh orang-orang sekitar kita. "Kapan nikah ?" kita anggap saja sebagai wujud pengawalan pembicaraan saja, anggap saja mereka sedang berusaha ramah. Hehe
    Ojo sedih Lian :). Piye kabare ?

    BalasHapus
  2. Kabar sehat WangiπŸ˜†
    Hahaha iya ya anggep aja gtu walaupun kadang capek sendiri saking seringnya wkwkk

    BalasHapus